PERESMIAN PLAY GROUND TAMAN PAKUJOYO SUKOHARJO

 

SUKOHARJO - Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya meresmikan Taman Pakujoyo sekaligus fasilitasnya berupa Taman Ceria Anak dan Taman Lalu Lintas pada hari Kamis 25 Januari 2018 pagi. Dalam acara ini dihadiri Forkopimda, Komandan Koramil, Kapolres Sukoharjo, Camat Sukoharjo, Lurah Gayam dan Bunda Paud/TK seluruh Sukoharjo.

Peresmian Taman Pakujoyo yang berada di Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo tersebut dalam rangka mewujudkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) wilayah perkotaan sebesar 30% dari luas wilayah yang ada.

“Sesuai UU 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, setiap wilayah kota harus menyediakan RTH 30 persen. Untuk itulah Pemkab Sukoharjo berupaya untuk mewujudkannya dengan membangun Gedung Terpadu Kantor Sekretariat Daerah (Setda) 10 lantai,” ungkap Wardoyo Wijaya saat memberikan sambutan.

Menurutnya, jika gedung tersebut selesai dibangun, perkantoran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan dijadikan satu. Nantinya, gedung bekas kantor yang ditinggalkan akan dibongkar dan juga akan dijadikan sebagai RTH.

“Dengan adanya RTH, setidaknya memiliki empat fungsi, masing-masing fungsi ekologi, fungsi budaya, fungsi ekonomi dan juga fungsi sosial. Dengan Taman Pakujoyo kami berharap mampu mendongkrak ekonomi warga setempat misalnya muncul warung, penitipan sepeda motor, dan lainnya,” tegasnya.

Lebih lanjut Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya juga berpesan, setelah diresmikan diharapkan tugas penting selanjutnya adalah merawatnya. Jangan sampai taman yang sudah bagus tidak dirawat sehingga dengan cepat rusak.

“Kami juga meminta para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk melakukan sosialisasi di sekolahnya masing-masing. Sehingga, Taman Pakujoyo bisa dijadikan tujuan anak PAUD untuk bermain sekaligus belajar,” cetus Bupati.

Sementara itu, Camat Sukoharjo Gondang Redjono menyampaikan, Taman Pakujoyo tersebut menempati lahan eks tanah kas desa seluas 4.371 meter persegi.

“Saat ini keberadaan Taman Pakujoyo sudah kami kelola dengan baik dan terus kami tingkatkan. Salah satunya dengan memberi fasilitas Taman Lalu Lintas dan Taman Bermain Anak-Anak,” jelas Lurah Gayam Havid Danang Purnomo, Rabu (241).

Dikatakan Havid dalam wawancara, dengan peluncuran dua fasilitas taman tersebut, Kelurahan Gayam ingin mengenalkan pada masyarakat tentang ruang publik yang representatif di Kelurahan Gayam. Taman tersebut sudah dikelola dengan baik sehingga cukup representatif untuk sekadar melepas lelah bersama keluarga khususnya anak-anak.

Selain itu, ujar Havid, dengan peluncuran dua fasilitas tersebut bisa mendukung Kabupaten Sukoharjo Layak Anak. Juga, untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas segenap lapisan msyarakat dalam berpartispasi aktif menyongsong predikat Kabupaten Layak Anak. “Kedepan, saya harap Taman Pakujoyo menjadi salah satu objek bermain siswa PAUD,” ujarnya.

Ketua PKK Kalurahan Gayam, Yulita Heni, dalam wawancara mengajak kepada masyarakat agar sering mengunjugi taman ini. Yulita prihatin terutama pada anak anak jaman sekarang yang kecanduan gadget, dengan diresmikanya taman ini semoga dapat memberikan edukasi sekaligus hiburan pada masyarakat.

Salah satu tamu undangan yang juga pengelola salah satu Paud di Kab. Sukoharjo, Ari Sumirah, A. Md., Kep. menyampaikan bahwa dengan adanya taman ini sangat bermanfaat untuk pendidikan anak usia dini, dan beliau berharap agar taman pakujoyo lebih baik lagi kedepanya.

DIKUTIP DARI BERBAGAI SUMBER DI INTERNET.

Kontributor Sukoharjo Budi Prasetyo

#SUKOHARJO
#SUKOHARJOMAKMUR
#TAMANPAKUJOYO
#GAYAM
#HAVIDDANANGPURNOMO
#TAMANLALULINTAS
#RUANGTERBUKAHIJAU
#KABUPATENLAYAKANAK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar